NGERI! 3 Wilayah Ini Diprediksi Telan Korban Jiwa Terbanyak Jika Tsunami Terjadi Akibat Gempa Megathrust -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

NGERI! 3 Wilayah Ini Diprediksi Telan Korban Jiwa Terbanyak Jika Tsunami Terjadi Akibat Gempa Megathrust

Selasa, 20 Agustus 2024 | Agustus 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-20T17:03:09Z

Tsunami akibat gempa Megathrust Mentawai Siberut diprediksi mengguncang sejumlah wilayah.

Bahkan, ada sebanyak 3 wilayah yang dilanda tsunami gempa Megathrust Mentawai Siberut dengan menelan korban jiwa terbanyak.

Tiga wilayah yang diprediksi menelan korban jiwa terbanyak yaitu, Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, dan Kota Padang.

Sebagaimana diketahui, selain Selat Sunda, Mentawai Siberut juga menjadi zona megathrust yang paling banyak dibicarakan.

Zona megathrust Mentawai Siberut merupakan zona senyap seismik yang potensinya setara Megathrust Nankai di Jepang beberapa waktu lalu.

Gempa Megathrust Mentawai-Siberut dapat mencapai M9,0 dan backthrust.

Guncangan terbesar yaitu setara gempa Aceh-Andaman 2004 dan Gempa Palu 2018 yang diprediksi terjadi di Kepulauan Mentawai.

"Zona patahan Megathrust Mentawai-Siberut ini sangat mungkin merambat hingga ke Mentawai-Pagai, sehingga separuh Megathrust Mentawai-Pagai juga diikutkan. Total dimensi patahan sekitar 420x180 km persegi, dengan slip 15 meter, asumsi Rigidity 30 GPa, diikuti pula dengan patahnya Backthrust dengan dimensi 350x30 km, slip 3 meter, yang setara dengan 1 Gempa M8,0," papar akun gempa.dunia, dikutip Kilat.com pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Berdasarkan pemodelan data populasi LandScan keluaran tahun 2022, potensi bencana akibat megathrust Mentawai-Siberut ini diprediksi akan menelan 4.847 korban jiwa.

Gempa megathrust Mentawai-Siberut akan dirasakan 76 Kabupaten/Kota di 6 Provinsi, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Utara.

Untuk jumlah korban terbanyak diprediksi terjadi di Kepulauan Mentawai (668), Pesisir Selatan (531), dan Kota Padang (359) jiwa.

Sementara untuk potensi tsunami tertinggi yaitu 21 meter berdasarkan analisa pemodelan TsunAWI akan terjadi di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kemudian disusul wilayah Sumatera Barat dan Mukomuko dengan potensi tsunami setinggi 10-20 meter.

Prediksi terkait potensi tsunami dan jumlah korban hanya bersifat perkiraan untuk mengambil tindak preventif dan antisipasi. (*)

Sumber: kilat
Foto: Jika Tsunami Akibat Megathrust Terjadi, Tiga Wilayah Ini Diprediksi Akan Banyak Korban. (instagram.com/gempa.dunia)

×
Berita Terbaru Update